Saturday, November 7, 2009

Pengenalan Ikatan Kimia

,
Pengenalan Ikatan Kimia

Ikatan kimia adalah gaya yang mengikat atom-atom dalam molekul atau gabungan ion dalam setiap senyawa. Konsep ini pertama kali dikatakan oleh Gilbert Newton Lewis dari Amerika dan Albrecht Kossel dari Jerman. Konsep tersebut adalah:

1.Kenyataan kalau gas-gas mulia sulit untuk membentuk senyawa adalah bukti kalau gas-gas mulia punya susunan electron stabil.
2.Setiap atom mempunyai kecenderungan untuk mempunyai electron yang stabil. Dengan cara melepas electron atau menangkap electron.
3.Untuk memperoleh susunan electron yang stabil hanya dapat dilakukan dengan cara berikatan dengan atom lain, yaitu dengan melepaskan electron, menangkap, atau pemakaian bersama-sama.



Nah, tujuan dari ikatan kimia adalah agar terjadi pencapaian kestabilan suatu unsure. Unsur dapat dikatakan stabil apabila :

-Memiliki electron valensi 2 atau disebut konfigurasi duplet.
-Memiliki electron valensi 8 atau disebut konfigurasi oktet.

Unsur lain dapat mencapai konfigurasi octet dengan membentuk ikatan agar dapat menyamakan konfigurasi elektronnya dengan konfigurasi electron gas mulia terdekat. Dan ini disebt dengan aturan oktet.

Di materi ikatan kimia ini, kita harus memahami lambang Lewis. Apa sih lambang Lewis itu? Lambang Lewis adalah lambang atom disertai electron valensinya. Elektron dalam lambang Lewis dapat dinyatakan dalam titik atau silang kecil. Seperti contoh oksigen yang memiliki konfigurasi electron 2,6 , maka lambang lewisnya adalah









Ikatan kimia dibagi menjadi 2 yaitu :

1.Ikatan ion (coming soon)
2.Ikatan kovalen (coming soon)

Untuk ikatan ion dan ikatan kovalen akan dibahas di episode berikutnya. Tunggu tanggal mainnya. :)


Artikel Terkait:

0 comments to “Pengenalan Ikatan Kimia”

Post a Comment

 

My News Zone Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger