Monday, February 15, 2010

Huruf Kanji

,
Ada puluhan huruf kanji dalam bahasa Jepang, tapi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari ( seperti koran, pendidikan ) kurang lebih 2000 kanji. Orang Jepang memepelajari kanji sejak kelas 1 SD. Kanji yang dipelajari anak SD berjumlah 1006 buah. So setiap tahunnya mereka belajar 100-200 kanji. Sisanya berjumlah 900+ dipelajari di bangku SMP. Jadi ketika mereka sudah lulus SMP mereka tidak menemui kesusahan dalam membaca koran atau hal-hal lain dalam kehidupan mereka.
Sejarah Pembentukan kanji bermacam-macam. Salah satunya adalah kanji yang berasal dari bentuk benda konkrit. Misalnya matahari(atas) ,ladang(bawah) :


Setiap Kanji memiliki dua cara baca, yaitu kun-yomi dan on-yomi. Kun-yomi adalah bunyi dari kosakata asli bahasa Jepang biasa digunakan untuk benda atau kata kerja. Nah kalau on-yomi digunakan untuk cara baca yang berasal dari bunyi bahasa China ketika kanji diperkenalkan di Jepang. On-yomi digunakan juga untuk kata benda tetapi umumnya bersifat abstrak. Seperti istilah ekonomi dan politik..

Artikel Terkait:

2 comments to “Huruf Kanji”

  • April 14, 2010 at 4:13 PM
    Anonymous says:

    kurang lengkap!!

    delete
  • April 14, 2010 at 6:25 PM
    Arek11 says:

    Ya maaf. Mau lengkap?? tnya ke buku saja men..

    delete

Post a Comment

 

My News Zone Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger