Tuesday, February 16, 2010

Keanekaragaman Hayati

,
Keanekaragaman hayati dibagi menjadi 3 tingkat yaitu keanekaragaman gen, keanekaragaman species(jenis), keanekaragaman ekosistem.

Keanekaraman Gen

Gen adalah benang-benang kromosom yang terletak didalam inti sel makhluk hidup. Gen yang dimiliki makhluk hidup mengandung perangkat yang sama, tetapi ada yang berbeda yaitu pada penyusunan. Adanya keragaman susunan benang-benang kromossom gen pada setiap jenis makhluk hidup akan memberikan tampilan, baik ukuran dan warna belum tentu sama. Jadi di bumi ini tidak ada makhluk hidup yang sama persis dengan individu lain jadi terjadilah variasi gen. Selain keanekaragaman makhluk hidup ditentukan oleh keanekaragaman gen pembawa sifat(genotipe) juga dipengaruhi oleh keanekaragaman lingkungan(fenotipe).

a. Keanekaragaman Genotipe

Genotipe dapat berubah karena adanya perkawinan silang.

b. Keanekaragaman Fenotipe

Meski genotipe kedua individu sama , tetapi apabila berada ditempat yang berbeda, maka sifat yang muncul belum tentu sama. Perpaduan antara genotipe dengan lingkungannya akan menghasilkan sifat yang tampak dari luar disebut fenotipe.

Keanekaragaman Jenis

Makhluk hidup hanya dapat melakukan perkawinan hanya dengan sesama anggota jenisnya(speices) dan menghasilkan keturunan yang subur. Perkawinan dapat terjadi antar speices tapi tidak secara alamiah, tetapi dengan bantuan manusia.

Keanekaragaman Ekosistem

Ekosistem adalah interaksi antara komponen biotik dan abiotik. Komponen botik adalah semua makhluk hidup yang tinggal disuatu lingkungan. Ada juga komponen abiotik yang meliputi lingkungan fisik yang terdiri dari sinar matahari, iklim, cuaca dan ada yang kimia seperti kandungan mineral, salinitas.
Komponen penyusun ekosistem sangat bragam sehingga interaksi antara komponen biotik maupun interaksi komponen biotik dengan abiotik beragam. Keragaman itu akan menyebabkan keanekaragaman tingkat ekosistem.


Artikel Terkait:

0 comments to “Keanekaragaman Hayati”

Post a Comment

 

My News Zone Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger