Tuesday, April 6, 2010

Perguruan Tinggi Idaman

,

*Perguruan Tinggi Idaman* Itulah yang saya pikirkan sekarang dan yang ingin saya tuliskan. Apa sih Perguruan tinggi idaman itu ?

Perguruan tinggi adalah Jenjang pendidikan yang ditempuh setelah lulus dari SMA ( Sekolah menengah atas )atau biasa disebut dengan Universitas. Sedangkan kata Idaman adalah sesuatu hal yang amat sangat ingin dicapai ( dicita-citakan ) di masa depan. Jadi perguruan tinggi idaman adalah Universitas pilihan kita atau universitas yang kita impikan dan kita memiliki keinginan yang besar untuk mencapainya.

Sumbaer gambar
Dalam memilih perguruan tinggi idaman kita harus memilih dengan benar dan jangan sekali-sekali salah dalam memilih atau pun terdapat keraguan. Karena pada jenjang inilah masa depan kita ditentukan. Untuk memilih universitas kita dapat menyesuaikan bakat, kemampuan ekonomi dll. kita dengan universitas tersebut.

Ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan untuk memilih perguruan tinggi idaman yaitu faktor external dan internal. Faktor internal adalah yang berasal dari diri sendiri.
Faktor internal sebagai berikut :

Kemampuan : Perguruan tinggi yang kita idam-idamkan harus sesuai dengan kemampuan akademis maupun non-akademis kita. Karena apabila kita berada di perguruan tinggi yang tergolong pintar (rata atas) dan kita bisa masuk, tetapi kita tidak bisa mengikuti jalannya materi. Kita bisa minder.


Ekonomi : Mengapa ekonomi ? Ya, apabila kita mempunyai kemampuan akademis dan non akademis yang di atas rata-rata ataupun dapat mencukupi di Universitas itu. Apabila tidak ditopang ekonomi yang stabil maka kita akan sulit untuk fokus terhadap materi. Jadi carilah perguruan tinggi yang biayanya sesuai denga ekonomi anda. Dan berusahalah mencari beasiswa. Tidak lupa jarak antara rumah dengan perguruan tinggi juga harus diperhitungkan. Apalagi jika perguruan tinggi yang anda impikan berada diluar kota. Kebanyakan orang akan kos. Sedikit yang tinggal bersama saudaranya.

Peluang : Memanfaatkan peluang masuk perguruan tinggi. Kita harus pandai-pandai memperkirakan peluan masuk ke perguruan tinggi yang kita idamkan.

Dan faktor external adalah faktor yang berasal dari luar atau dari universitas yang akan dituju. Faktornya sebagai berikut :

Mutu : Mutu suatu perguruan tinggi sangat penting diperhatikan. Misalnya dengan kualitas dosennya. Dosen yang telah berpengalaman akan mengerti bagaimana cara menghadapi mahasiswa dengan cara mereka masing-masing.

Hi-tech : Faktor ini sangat penting untuk memilih perguruan tinggi idaman. Hi-tech dapat dimaksudkan sebagai fasiltas. Fasilitas yang dimiliki harus mencukupi kebutuhan para mahasiswanya. Sebab apabila tidak didukung dengan fasilitas mahasiswa akan kesulitan untuk mengerjakan sesuatu atau dll.

Kondisi Kampus : Kondisi kampus yang nyaman dan aman akan membuat mahasiswa menjadi enjoy untuk melakukan hal apapun dalam hal positif. Aman diartikan tidak ada konflik antar jurusan atau fakultas ataupun antar kampus. Apabila terjadi konflik atau semacamnya mahasiswa yang tidak ikut dalam konflik itu mungkin memiliki rasa was-was.

Alumni : Mengapa alumni ? Karena apabila suatu perguruan tinggi memiliki alumni yang lulus dengan sukses itu akan menjadi point tersendiri untuk perguruan tinggi tersebut. Kepercayaan calon mahasiswa kepada perguruan tinggi tersebut akan tinggi.

Peluang Kerja : peluang kerja. Ya anda yang ingin masuk perguruan tinggi idaman anda lihatlah juga lulusannya. Apakah mereka mudah mendapatkan pekerjaan atau tidak. Apabila mereka mudah mendapatkan pekerjaan mungkin perguruan tinggi itu cocok untuk anda.

*kesimpulan : Perguruan tinggi idaman adalah Universitas pilihan kita atau universitas yang kita impikan dan kita memiliki keinginan yang besar untuk mencapainya. Ada beberapa faktor yang dapat dipertimbangkan untuk memilih perguruan tinggi idaman. Secara umum dibagi menjadi 2 yaitu eksternal dan internal. Faktor external adalah faktor yang berasal dari luar atau dari universitas yang akan dituju. Sedangkan faktor internal adalah faktor yang berasal dari diri sendiri.

Berpatisipasi dalam LOMBA BLOG UII.
Arek11.
Protected by Copyscape Plagiarism Detection

Artikel Terkait:

8 comments to “Perguruan Tinggi Idaman”

  • April 7, 2010 at 1:49 PM
    Evo D says:

    iya ni g terasa bentar lagi dah kulia

    delete
  • April 7, 2010 at 1:52 PM

    Hola ,salam kenal dan hangat selalu. Seneng deh bisa BW kesini...

    delete
  • April 7, 2010 at 2:37 PM
    dan says:

    sukses ya sob

    delete
  • April 7, 2010 at 3:27 PM
    Arek11 says:

    @ mas adib : Lha iya saya kurang 2 thn.. Wjtu terasa bgtu cepat.
    @Yanti : Hola juga slam kenal.. Thx sudah mau BW kesini..
    @ dan : yoi sob.. trims udah mau berkunjung kesini..

    @all : sering-sering ya ksni ma jangan lupa commentnya :D..

    delete
  • April 8, 2010 at 9:01 PM
    Ratasoe says:

    Sory sob, bru bsa BW..trims dh mampir ke gubuk aq. Salam hangat dan persahabatan..;-)

    delete
  • April 8, 2010 at 9:57 PM
    Arek11 says:

    @ratasoe : Gpp sob.. Sma".. ^_^

    delete
  • April 8, 2010 at 11:52 PM
    Noni fyrdha says:

    blognya keren..
    sukses selalu dn semoga qta nnti lulus dn mndapat pergurung tinggi idaman

    delete
  • April 9, 2010 at 7:37 AM
    Arek11 says:

    @noni fyrda : makasih2.. :)
    Yo'i fyr.. amin...

    delete

Post a Comment

 

My News Zone Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger