Thursday, February 10, 2011

Iklim Juga Bisa “Nge-ROCK”

,
Jam berganti hari, hari berganti bulan. Banjir Queensland, Pakistan dan kota-kota lain di Dunia, tahukah anda apa yang terjdi pada bumi ini sekarang? Pada saat ini telah terjadi perubahan iklim yang ekstrim. Sudah beberapa bulan sejak kira-kira bulan Oktober iklim di dunia sudah berubah dan tidak menentu. Saat musim kemarau hujan lebat sering terjadi, saat musim hujan kemarau masih tersisa hujan jarang tetapi curah hujan sangat tinggi.

Perubahan iklim terjadi karena adanya peningkatan suhu permukaan bumi yang pada umumnya disebabkan oleh kita sendiri sebagai manusia. Terlalu banyak kegiatan manusia yang menyebabkan meningkatnya suhu bumi. Beberapa penyebab yang sering dilakukan manusia antara lain :

- GRK  kepanjangan dari gas rumah kaca adalah beberapa gas yang terdapat pada atmosfir. Fungsi GRK sendiri adalah untuk menyerap panas matahari yang nantinya akan dikeluarkan ke angkasa. Jadi bumi tidak terlalu panas, tetapi apabila kita terlalu banyak GRK di atmosfir panas yang seharusnya keluar maka ia akan kembali lagi dan tidak bisa dilepaskan keluar bumi. GRK sendiri terdiri seperti gas karbondioksida, gas metana.

- Limbah, Kotoran atau Sampah. Kebiasaan yang tidak dapat hilang 100% yaitu tentang membuang sampah pada tempatnya. Sampah-sampah yang kita buang sembarangan itu adalah salah satu potensi adanya gas metana yang termasuk kedalam GRK.
Pada kotoran yang dimaksud adalah kotoran manusia ataupun hewan. Tetapi penyumbang gas metana terbesar adalah hewan atau peternakan yang dimiliki manusia. Seperti yang pernah di utarakan oleh FAO bahwa ”peternakan adalah penyumbang nomer satu gas metana” dibanding dengan kegiatan transportasi lain. Maka ada baiknya kita dapat memanfaatkannya menjadi pupuk.

- Gas Karbondioksida salah satu anggota GKR juga yang berperan penting di pemanasan global. Hal itu terjadi akibat pertumbuhan kendaraan-kendaraan yang sangat pesat. Tidak perlu jauh-jauh untuk membayangkannya langsung saja kita lihat Jakarta. Sudah tiap hari macet karena sudah melebihi kapasitas. Pertumbuhan jalan di Jakarta lebih lambat dibandingkan pertumbuhan kendaraan yang sangat super cepat.

Kemacetan tersebut semakin memperlambat laju kendaraan dan semakin lama dan banyak pula gas CO2 yang dikeluarkan oleh motor atau mobil tersebut. Andaikan 1 kota 1 mobil bumi ini mungkin tidak akan panas.. #Berkhayal. Saran saya ada di satu hari saja para pengguna kendaraan bermotor dilarang menggunakan kendaraannya full day. Apabila itu dilakukan diseluruh dunia maka bukan tidak mungkin suhu bumi akan kembali normal.

Beberapa hal yang saya sebutkan diatas adalah beberapa penyebab berkaitan dengan perubahan iklim di bumi kita tercinta. Selanjutnya ada beberapa dampak akibat perubahan iklim bumi. Dampak-dampak tersebut antara lain :

- Banjir. Hampir separo negara didunia menghadapi banjir akibat perubahan musim. Dilihat dari luasnya Australia dinilai paling parah karena hampir wilayah queensland terendam banjir yang cukup tinggi. Tidak perlu jauh ke Queensland di kota tercinta saya sendiri yaitu Surabaya beberapa waktu lalu Surabaya dilanda hujan hampir setiap hari sehingga hampir semua sungai meluber ke jalan yang berdampak buruk bagi pengguna jalan seperti pelajar, guru, dll. Pengguna jalan harus dipaksa berputar-putar oleh air.
Pic by Aqmal N J

Sementara itu bagian kanan dan kiri gambar diatas adalah salah satu sawah yang berada di Surabaya Barat. Sepulangnya dari sekolah saya melihat lahan padi tersebut sudah rusak dan mungkin gagal panen.

Hal tersebut mempunyai dampak cukup buruk kedepannya bisa saja harga beras melambung seperti lombok yang saat ini hampir 100rb/kg. Nasib padi belum seperti lombok, tetapi bisa saj kedepannya seperti lombok. Sampai-sampai kemarin saya beli tahu petis yang biasanya dikasi lombok untuk pelengkap, untuk sekarang "lombok tersebut hanya untuk penghias", kata penjual.

Sama akibat beda dampak, selain banjir merugikan petani karena lahannya terisi air dan pengguna jalan yang harus dibuat berputar-putar untuk menghindari banjir ada satu lagi yang menjadi masalah dalam kehidupan sehari-hari yaitu sulitnya mendapat air bersih karena banjir tersebut. Bagi rakyat yang tidak menggunakan PDAM dampak ini sangat menyulitkan warga. Tetapi menggunakan PDAM tak menjadi jaminan, contohnya warga Jakarta yang menjadi korban banjir rob PDAM di daerah tersebut mati selama bajir belum surut.


Perubahan dari terang menjadi mendung. By Aqmal N J
- Suhu Lingkungan yang berubah ubah dapat menyulitkan kita dalam menyesuaikannya. Apabila tidak memiliki daya tahan tubuh yang lagi fit kita mudah terserang penyakit. Seperti contoh dikelasku saja banyak yang sakit meskkipun cuman demam atau masuk angin tapi itu juga tidak enak untuk sebagian pelajar. Tetapi alhamdulillah Allah masih memberikan rahmatnya untuk saya. :-) Dan sampai menuliskan artikel ini untuk mengikuti lomba blogor . .


- Angin Kencang Beda dengan siang hari yang biasanya hujan dimalamnya pernah terjadi angin kencang mungkin itu yang dinamakan badai yang membuatku sedikit merinding melihatnya. Beberapa hari kemudian ada berita bahwa salah satu tower televisi rubuh tepatnya Malang, Jawa Timur.Tetapi kejadian tersebut tidak sampai memakan korban jiwa.

Selain menyebab pohon, reklame serta tower tumbang, angin kencang tersebut melanda laut jawa dan sekitarnya. Hal tersebut berdamapk buruk bagi nelayan-nelayan yang sumber penghasilannya total ada di laut.

- Mencairnya ES di kutub utara. Sejak tahun 2007 luas ES dikutub utara telah berkurang dengan signifikan sejak 3 dekade terakhir. Diperkirakan tahun 2025 es di kutub utara akan mencair seluruhnya akibat panasnya suhu bumi. Hal tersebut berdampak pada tingginya air laut di dunia. Salah satu yang telah meneliti adalah negara bagian Amerika sampai-sampai salah satu komunitasnya telah membuat simulasi tentang tenggelamnya patung liberty.
 
 
Nah, mungkin hal-hal diatas adalah sebagian kecil tentang perubahan iklim, lalu bagaiman sikap anda kedepan? Bengong, diam, menunggu lebih parah lalu bertindak? Ayolah kawan, kembalikan bumi tercinta kita dengan usaha kita mulai SEKARANG . . AYO, BUMI MILIK KITA BERSAMA REK !!!

Artikel Terkait:

24 comments to “Iklim Juga Bisa “Nge-ROCK””

  • January 22, 2011 at 11:12 PM

    Iklim menyaingi J-Rocks ,Bro
    Bisa bisa J-Rocks nggak laku kalau si Iklim ikutan main Band..

    nb:
    gambarmu sek baguse,Mas??

    delete
  • January 22, 2011 at 11:19 PM
    Teras Info says:

    Hmm..perubahan iklim ini emang sudah sangat tersa sekali dampaknya saat ini....

    mari kita jaga alam ini...

    delete
  • January 23, 2011 at 4:15 AM
    ye2n says:

    gak bisa bayangin, tahun dua ribu 30an bakal jadi apa kalau kaya' gini terus!!!

    delete
  • January 23, 2011 at 5:04 AM
    sky says:

    semoga ndak konser di kamarku :D

    delete
  • January 23, 2011 at 7:49 PM
    efrilia says:

    bagus.bagus

    delete
  • January 24, 2011 at 6:56 PM
    aghofur says:

    postingan yang bagus, teruskan le perjuanganmu! support dari depan dan belakang.. :D

    delete
  • January 24, 2011 at 8:06 PM
    imroee says:

    musim hujan dan musim kemarau sekarang memang sulit untuk ditebak.
    Daily Mail baru2 ini meliput katanya matahari terbit di tanah hijau 2 hari lebih awal.

    btw, kayaknya yang benar GRK = Gas Rumah Kaca instead of GKR=?

    delete
  • January 24, 2011 at 8:30 PM
    Suparyanto says:

    Jakarta adalah salah satu bukti nyata perubahan iklum sudah merajalela di negara kita sahabat.

    delete
  • January 24, 2011 at 9:18 PM
    Arek11 says:

    @putrie: hahaha, tenang tidak mungkin iklim nge-band . .

    @Teras info: Yap betul bro, bumi milik kita bersama . .

    @Ye2n: Iya sama, klo kita bisa jaga, bumi akan lebih baik untuk adek kelas/adik-adik kita . .

    delete
  • January 24, 2011 at 9:21 PM

    Perubahan iklim harus dirubah dari hal yang kecil dan pada diri kita sendiri.

    delete
  • January 24, 2011 at 9:22 PM
    Arek11 says:

    @sky: amin .. Bisa aja . .

    @efril : Makasi-makasi . .

    @P. Gempur: Iya pak, lanjutkan . . :D Gag mlaku gag mundur dong pak .. :D

    @Suparyanto : Iya sob, banjir robnya . . hemb..

    @imroee: waw . . ckckck . . Oh iya trims sob . . :)

    delete
  • January 24, 2011 at 9:30 PM
    Unknown says:

    jalan2 salam kenal yah

    delete
  • January 25, 2011 at 7:48 AM

    gimana gak banyak polusi cak, wong modal uangmuka 4oo ribu bisa punya motor. Dealer ga peduli blas dengan masalah ini. :D

    delete
  • January 25, 2011 at 11:28 AM
    situsonline says:

    Apakah itu tandanya Bumi sdh mulai Tua?

    delete
  • January 25, 2011 at 8:09 PM
    Arek11 says:

    @Belajar corel: Yap, that's right bro . .

    @generation: oke . . :)

    @bloggermobile friendly: iya betul bro, andaikan mereka memikirkan ini. gmana ya??

    @situsonline: iya, sepertinya seperti itu, bumi sudah tua. Ditambah dengan tidak adanya kepedulian dari manusia sendiri . .

    delete
  • January 25, 2011 at 8:19 PM
    andhie says:

    thanx dah berkunjung ke blog saya..

    salam kenal blogger poso

    delete
  • January 25, 2011 at 8:21 PM
    Arek11 says:

    @andhie: Ok2 bro . . :)

    delete
  • January 26, 2011 at 5:31 PM
    situsonline says:

    saya rasa bukan hanya satu kota aja di indonesia yang iklimnya berubah,hampir semua bahkan semua.

    delete
  • January 29, 2011 at 5:47 PM
    moenas says:

    wkwkwk...bisa aje si brow ini

    delete
  • January 30, 2011 at 6:02 PM
    Anas says:

    Aku juga bisa nge-rock.. Ayo kita selamatkan bumi kita..

    delete
  • January 30, 2011 at 6:18 PM
    Tania Bonita says:

    Bagus mal :) tambahkan solusi yang banyak mal :) biar tambah manteb

    delete
  • February 11, 2011 at 8:52 AM
    Gita says:

    wah,, ayoo jaga bumi kita..

    wariskan bumi kita yang indah untuk anak cucu kita.. ;)

    delete
  • February 20, 2011 at 12:57 AM
    Anonymous says:

    majuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu

    delete
  • May 23, 2011 at 11:55 AM
    PEMBICARA says:

    WORKSHOP Internet Marketing
    1stClass SURABAYA ONLINEPRENEUR
    STEP BY STEP
    ONLINE MARKETER
    Bersama
    Si RAJA GRATIS
    Ir. AGUS SETYAWAN MM, Chem.Eng
    ~ Bukan MOTIVATOR ~ Bukan INSPIRATOR
    ~ Benar2REALITOR
    GURU.PAKAR.JAGOAN -Internet marketing
    • DIJAMIN Bukan MLM, Bukan Cuman PREVIEW, dan TANPA PERMAINAN HARGA
    • MEMANFAATKAN Fasilitas GRATIS di Internet
    • Jangan Hanya No. 1 di GOOGLE Tapi Ada di SEMUA Halaman GOOGLE
    • Melakukan Riset Yang SEGMENTED dan TARGETED Sehingga Lebih EFEKTIF dan EFESIEN
    • Bagaimana Kita Memilih DISPLAY, BROSUR, IKLAN dan jangan memBRANDING yang hanya banyak mengeluarkan UANG
    • Membuat WARUNGONLINE serba GRATISAN
    • Cocok Untuk SIAPASAJA Yang Ingin Mendapatkan Hasil JUTAAN Dari Internet (pelaku usaha/pengusaha, calon pengusaha, karyawan/pensiunan/calon pensiunan, mahasiswa/lulusan baru, penggunaa internet, pengangguran, pelanggan madia iklan, dll.)
    • Sudah Banyak BUKTINYA!
    FASILITAS: ilmu yang bermanfaat, CD materi, konsumsi dan sertifikat
    *Peserta disarankan membawa laptop/notebookDAFTAR SEGERA, PESERTA TERBATAS
    Powered by : 100% PRAKTEK langsung MENGHASILKAN order
    MINGGU, tgl. 5 dan 12 JUNI 2011
    @TooMuch Cafe -Apartemen Metropolis Tower C Lt. 3
    Jl. Raya Tenggilis 127 Surabaya
    pukul 09.00 –16.00
    Investasi : Rp 500.000,-(u/ 2 hari)
    INFO & REGISTRASI
    (031) 77 399 133
    081 -803 202 707
    Ticket Box :
    TooMuch Café
    Apartemen Metropolis -Tower C Lt. 3 (pool side)
    Jl. Raya Tenggilis 127 Surabaya
    Pembayaran dapat dilakukan melalui setoran/transfer rekening Bank BCA :
    A/c. 6100121580 -A/n. ISYA YUARIZQI N.A.
    DISCOUNT 20%
    untuk 20 pendaftar pertama dan
    melakukan pembayaran H-14

    delete

Post a Comment

 

My News Zone Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger