Friday, April 23, 2010

Puisi Negeri Para Bedebah

,

Puisi Negeri Para Bedebah

oleh Adhie M Massardi


Ada satu negeri yang dihuni para bedebah
Lautnya pernah dibelah tongkat Musa
Nuh meninggalkan daratannya karena direndam bah
Dari langit burung-burung kondor jatuhkan bebatuan menyala-nyala

Tahukah kamu ciri-ciri negeri para bedebah?
Itulah negeri yang para pemimpinnya hidup mewah
Tapi rakyatnya makan dari mengais sampah
Atau jadi kuli di negeri orang yang upahnya serapah dan bogem mentah

Di negeri para bedebah
Orang baik dan bersih dianggap salah
Dipenjarakan hanya karena sering ketemu wartawan
Menipu rakyat dengan pemilu menjadi lumrah
Karena hanya penguasa yang boleh marah
Sedang rakyatnya hanya bisa pasrah

Maka bila negerimu dikuasai para bedebah
Jangan tergesa-gesa mengadu kepada Allah
Karena Tuhan tak akan mengubah suatu kaum
Kecuali kaum itu sendiri mengubahnya

Maka bila negerimu dikuasai para bedebah
Usirlah mereka dengan revolusi
Bila tak mampu dengan revolusi,
Dengan demonstrasi
Bila tak mampu dengan demonstrasi, dengan diskusi
Tapi itulah selemah-lemahnya iman perjuangan

Artikel Terkait:

22 comments to “Puisi Negeri Para Bedebah”

  • April 23, 2010 at 10:01 PM
    Skydrugz says:

    Wow...ini puisi yang subversif coy!


    Keren...tetap progresif....manusia berkewajiabn mengubah dirinya sendiri...tidak perlu menunggu malaikat turun dari langit


    Salam kenal...

    delete
  • April 23, 2010 at 11:11 PM

    Berkunjung menjalin relasi dan mencari ilmu yang bermanfaat. Sukses yach ^_^ Salam dari teamronggolawe.com

    delete
  • April 23, 2010 at 11:34 PM
    Ratasoe says:

    Wah top dh puisix. Ane pernah dngar ny puisi. Singgungan kritis..

    delete
  • April 24, 2010 at 12:25 AM

    kunjungan perdana nih salam kenal sob
    hidangannya maknyus banget ada bedebahnya hahahay... :D

    delete
  • April 24, 2010 at 9:57 AM
    Gudang Ilmu says:

    bener kata anda bung

    delete
  • April 24, 2010 at 11:22 AM
    iis sugianti says:

    bagus sekali mas,mudah2an ada pejabat kita yg baca..

    delete
  • April 24, 2010 at 11:45 AM
    Arek11 says:

    @Skydrugz : Thx2 bro.. Betul.. Salam kenal juga..

    @Team Ronggolawe : Iyya trims.. Smga apa yang ada d blog saya bermanfaat :)

    @Ratasoe : Hm.. puisi ini baru2 ini dibacakan di salah satu stasiun televisi, dan itu yang membuat saya ingin memposting..

    @blogsederhana : Hmm... He3x..

    @Gudangilmu : bner kata Adhie M Massardi ..

    @Iis sugianti : Puisi ini sudah pernah dibacakan di TV mas.

    delete
  • April 24, 2010 at 1:25 PM
    Darin says:

    Hebat puisinya kawan!
    Betul, Tuhan takkan merubah suatu kaum, hingga kaum itu sendiri yang merubahnya.
    Go revolusi!

    delete
  • April 24, 2010 at 1:36 PM
    Arek11 says:

    @darin : bukan karya saya kawan.. Hebat untuk Adhie M Massardi..

    delete
  • April 24, 2010 at 2:00 PM
    deena says:

    subhanallah...
    ngeri juga tinggal di negeri para bedebah..
    mungkin aku termasuk yg lemah iman deh..

    delete
  • April 24, 2010 at 7:50 PM
    Arek11 says:

    @deena : Iya ngeri bgt..

    delete
  • April 26, 2010 at 2:40 PM
    firdaus says:

    klw gak salah Adhie M Massardi dulu jubir di era presiden gusdur... salut buat puisinya, salam kenal :)

    delete
  • April 27, 2010 at 3:58 PM
    Skydrugz says:

    ada puisi baru nggak?

    delete
  • April 28, 2010 at 12:14 PM
    blogdunia says:

    wah puisi yang mantab sob,,
    ane suka banget,,
    maaf neh baru berkunjung kembali,,

    delete
  • April 28, 2010 at 4:37 PM
    Arek11 says:

    @firdaus : klo gag slah iya bro..
    @Skydrugz : Belum sob masih fokus ulangan.. Jadi gag sempet update2. Saya sempetin buat BW + bales komentar.
    @Blog dunia : Iyya mantab bgt.. Gpp sob.

    delete
  • April 30, 2010 at 2:10 AM
    saka says:

    Kunjungan pada Dini hari nan sepii,, :D

    delete
  • April 30, 2010 at 6:19 PM
    Arek11 says:

    @saka : :D iya2 sob.. lagi ronda ya.. hahaha

    delete
  • May 1, 2010 at 3:48 PM
    ndop says:

    bikin puisi seperti itu berapa lama mas?

    delete
  • May 1, 2010 at 8:39 PM
    Arek11 says:

    @mas ndop : Waduh, kalau soal itu saya kurang tau mas..

    delete
  • May 2, 2010 at 11:14 PM
    Iis Sugianti says:

    wah, masih berpuisi juga ,,,,

    delete
  • May 16, 2010 at 8:07 PM
    gajah_pesing says:

    negeri itu termasuk yang saia tempati bukan?

    delete
  • May 19, 2010 at 8:39 PM
    Arek11 says:

    @gajah_pesing : termasuk gan..

    delete

Post a Comment

 

My News Zone Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger