Wednesday, August 24, 2011

Panduan SIM: Cara Mengurus SIM Baru (Colombo Surabaya)

,
Surabaya-Usia telah memasuki ruang peralihan dari remaja menuju dewasa, kedewasaan, tanggung jawab serasa lebih muncul. Entah karena malu oleh foto KTP atau bagaimana hehe. Beberapa jam lalu saya selesai mengurus SIM dan sekarang saya akan menshare pengalaman ini.. hehe *sedikit out ouf theme dari blog. Melihat sedikitnya informasi tentang pengurusan SIM membuat saya tertarik untuk menceritakan pengalaman ini..


Surabaya, tempat saya dilahirkan dan tempat saya akan membangun kesuksesan.. *amin.. Colombo tempat yang tak asing bagi warga Surabaya yang ingin mengurus SIM. Beralamatkan di Jalan Perak Barat Colombo berdiri luas dan 'dijaga' ketat oleh para calo yang menawarkan harga jauh dari harga normal.

Oke langsung masuk pada pokok pembahasan, bagaimana mengurus SIM secara murni? Nah ada beberapa persyaratan yang harus anda lengkapi sebelumnya yaitu surat keterangan sehat dari dinas kesehatan dan fotocopy KTP dan KTP asli. Saya melengkapi surat tersebut dari Puskesmas dekat rumah.

Setelah melengkapi surat keterangan sehat anda dapat menuju loket formulir berada disebelah loket BRI. Nantinya akan ditanya surat keterangan. Setelah itu anda dapat langsung menuju ruang tes teori. Letaknya berada dibelakang.

Nah itu foro yang saya ambil didepan pintu masuk ruang tunggu ujian teori dan tempat foto.. Selanjutnya anda masuk dan mendaftarkan diri anda untuk mengikuti tes teori. Selanjutnya anda akan dipanggil menuju ruangan tes teori.

hasil tes :D
Tes teori anda akan dihadapkan pada 30 soal tentang lalu lintas yang memiliki nilai minimal 60 atau setara dengan 18 soal benar. Teknisnya begini, setiap komputer satu orang nantinya anda akan diberi semacam kuis millionare dan setelah 30 soak terjawab printer disamping komputer anda akan mencetak nilai anda dan menentukan lolos atau tidaknya.. Jika gagal anda akan mengulang 2 minggu lagi dan jika sukses anda lanjut ke pos praktek.


Nah disini akan diadakan uji praktek kelayakan cara berkendara anda, dimana pertama anda harus menunggu berkas anda dari tes teori stelah itu baru anda dipanggil. Terdapat 6 praktek diantaranya:
-ZigZag
-memutari angka 8
-berhenti sambil melambaikan tangan
-berjalan lambat
-melalui jalan bergelombang
-melalui tanjakan

Dari keenam pos hanya pos 3 dan 6 yang memperbolehkan kita untuk menurunkan kaki.
Setelah anda lolos ujian praktek anda diberi berkas yang akan anda bawa kepada loket pembayaran.
Dari sana barulah anda mengisi formulir yang berada pada loket pertama anda bertanya. Setelah itu anda dapat mengisi dan langsung menuju loket 1 untuk mengurus SIM baru. Setelah menunggu di loket satu masuklah anda pada tahap akhir yaitu sesi pemotretan. Setelah itu jeng jeng.. Surat keterangan+KTP - uji teori - ujian praktek - pembayaran - pengambilan formulir - pengumpulan formulir - foto - cetak

Pengalaman Pribadi

Artikel Terkait:

7 comments to “Panduan SIM: Cara Mengurus SIM Baru (Colombo Surabaya)”

  • August 24, 2011 at 5:00 PM
    Azahrah says:

    pengalaman pertama langsung di tulis di blog.
    lumayan buat pengetahuan yang belum pernah buat SIM. haha :D
    keran pak ketua. mantab :D

    delete
  • August 27, 2011 at 3:11 PM
    aprildr says:

    pengen punya sim >,<

    delete
  • August 28, 2011 at 3:43 PM
    Andrie says:

    "Jika gagal anda akan mengulang 2 minggu lagi"

    aku kok dibenek'no yo..?

    hehehe...

    *kaboor

    delete
  • August 28, 2011 at 6:37 PM

    lah mana foto mu pas uji praktek naek motor?
    hayo hayo nabrak puun yoh? :D

    delete
  • August 29, 2011 at 11:52 AM

    gayaaa :p

    delete
  • September 1, 2011 at 6:35 PM
    eleven news says:

    fotonya bagus-bagus tapi kenapa g da foto panjenengan mas bro?
    foto pak polisinya juga g ada?

    delete
  • October 3, 2011 at 5:25 PM
    qiswa says:

    berapa harga buat sim AC mas?

    delete

Post a Comment

 

My News Zone Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger