Friday, October 2, 2009

Perkembangan Sistem Periodik Unsur (1)

,

Perkembangan Sistem Periodik Unsur

Upaya untukmengelompokkan unsur-unsur ke dalam kelompok-kelompok tertentu sebenarnya sudah dilakukan para ahli sejak dulu, tetapi pengelompokkan masa itu masih sederhana. Pengelompokan paling sederhana ialah membagi unsur ke dalam kelompok logam dan non logam.

Tujuan dari mengelompokkan unsur-unsur iu yaiu=tu mempermudah dalam mempelajari sifat-sifat unsur. Seiring perkembangan usaha pengelompokan unsur-unsur itu semakin banyak. Di mulai tahun 1829, Johan Wolfgan Dobereiner mengelompokan unsur-unsur yang sangat mirip sifatnya. Ternyata tiap kelompok terdiri dari 3 unsur, sehingga kelompok itu di sebut triad. Unsur-unsur dalam satu triad disusun menurut kenaikan massa atom relatifnya. Ternyata massa atom maupun sifat-sifat unsur yang kedua merupakan rata-rata dari massa atom relatif maupun sifat-sifat unsur pertama dan ketiga.

Sistem triad ini ternyata memiliki kelemahan. Kelemahannya yaitu sistem ini kurang efisien karena ternyata ada beberapa unsur lain yang tidak termasuk dalam satu triad, tetapi mempunyai sifat-sifat mirip dengan triad tersebut.

Artikel Terkait:

0 comments to “Perkembangan Sistem Periodik Unsur (1)”

Post a Comment

 

My News Zone Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger