Friday, November 19, 2010

Plus Minus Team Teaching

,

       Plus Minus Team Teaching-Setelah tulisan pertama dan kedua untuk TSC telah terbit sekarang saya akan memposting yang ketiga. Tulisan ini mengenai ”Plus Minus TTM”. Bukan teman tapi mesra lho ya. TTM yang saya maksud disini adalah Team Teaching Method. Sudah ada yang tahu belum TTM disini?? Nah kalau menurutku team teaching method dalam dunia pendidikan adalah sistem mengajar dimana dalam satu mata pelajaran terdapat beberapa guru yang pelajaran. Namun umumnya team teaching diajar oleh 2 guru pada jam yang sama, tapi tidak menutup kemungkinan dua guru itu mengajar tidak pada jam yang sama. Metode ini telah diterapkan di sekolah saya dan berjalan CUKUP baik . .

        Dalam suatu metode mengajar pasti akan tanggapan-tanggapan yang berbeda dari siswa entah mengatakn metode ini enak sedangkan yang lain tidak, lalu metode ini memiliki kelbihan sedangkan ini justru terbalik.Hal itu mungkin wajar karena setiap siswa berhak mengungkapkan pendapatnya. Tapi ada beberapa yang bilang apabila guru salah akan mengeluarkan pasal, iya gag se??

        Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan beberapa kelebihan dan kelemahan team teaching yang pernah saya alami. Untuk hal pertama dapat diawali dengan kelebihan team teaching. Kelebihannya antara lain 

- KBM lebih variatif
Dengan proses KBM yang lebih bervariasi dapat mengurangi rasa bosan pada guru ataupun mata pelajaran yang diajarkan dikarenakan pergantian guru.

- Meminimalisir kesalahan 
Metode team teaching adalah proses mengajar yang didalamnya terdapat beberapa guru atau lebih kan . . Nah apabila dalam proses mengajar tersebut terdapat suatu kesalahan dan guru yang menerangkan tidak mengetahuinya guru pendamping dapat meluruskan. Dengan begitu tidak terjadi kesalahan fatal.

- Menghindari Longsor Nilai
Hehe kelebihan yang satu ini saya kira lebih menonjol ke siswa. Jadi yang ketiga itu begini misal ada dua guru yang mengajar tidak pada hari yang sama. Nah di pertemuan pertama dengan guru A, siswa kurang suka dengan guru ini(maklum siswa) otomatis pelajaran yang disampaika guru A tidak akan masuk dengan max. Tetapi mereka tertolong dengan kehadiran guru B dihari selanjutnya. Jadi nilai siswa tidak akan jatuh, minimal mereka dapat meraih standart ketuntasan yang ada.

        Menurut saya tiga hal itulah kelebihan dari Team teaching. Selanjutnya saya akan menjelaskan beberapa kelemahan team teaching menurut saya. Kelemahannya antara lain

- Timbul Dilema(bukan dilema cinta)
Pada metode team teaching tidak semua tim dapat berkoordinasi dengan baik. Misal pada satu tim terdapat 3 guru daan salah satunya jarang berkomunikasi, berdiskusi engan yang lain. Hal itu dapat menimbulkan perbedaan prinsip. Hal semacam itu ernah saya alami sekitar 1 bulan lau. Saat itu adalah pelajaran Kimia, dan pada saat itu juga saya diajar oleh guru yang jarang mengajar dikelas saya. Ketika teman saya maju mengerjakan laju reaksi dengan simbol r, yang menurut guru utama yang sering mengajar adalah yang terbaru. Tetapi tidak dengan guru yang satu ini, dengan nada yang sedikit tinggi mengatakan salah meskipun secara tidak langsung beliau berkata ”lebih baik kita memakai yang umum saja. Saya sebagai murid timbul rasa dilema, jengkel juga terhadap 1 tim ini. (maaf) Peristiwa tersebut adalah salah satu contoh kurangnya koor dinasi dalam satu tim.


- Perbedaan Cara Mengajar 
Perbedaan cara mengajar antara guru satu dan yang lain, akan menyulitkan siswa untuk menerima materi dengan baik. Selain itu para siswa juga harus menghafal bagaimana cara mengajar guru A dan juga guru B. Siswa juga akan beradaptasi 2 kali.

       Hemb menurut saya hanya itu saja plus minus dari team teaching method . . Semoga kelemahan-kelemahan itu dapat diselesaikan dengan baik agar tidak tambah menyulitkan siswa.

Artikel Terkait:

2 comments to “Plus Minus Team Teaching”

  • November 22, 2010 at 7:56 PM
    Napi says:

    Paling suka ngeliat pak ndaru dan bu palu....

    ampun pakkk

    delete
  • December 2, 2010 at 9:44 PM
    Arek11 says:

    bang napi. hahaha, ngawur cak . .

    delete

Post a Comment

 

My News Zone Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger